Jakarta, BilikAnalogi.web.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengumumkan bahwa Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) merupakan acara bersama antara Kemenparekraf dan para pemangku kepentingan Ekraf untuk memperkuat promosi produk lokal.
“WICF memberikan ruang interaktif antara Kemenparekraf dengan mitra co-branding untuk memperkuat brand Wonderful Indonesia. Karena sebagian dari produk-produk ini juga dikonsumsi oleh masyarakat umum di dalam dan luar negeri,” ujar Menparekraf Sandiaga pada Jumat (26 Juli 2024) saat menghadiri WICF II di Ritz-Carlton Jakarta, seperti yang di lansir dari laman kemenparekraf.go.id.
Menparekraf Sandiaga mengatakan, WICF telah menjadi program unggulan Wonderful Indonesia sejak tahun 2017. Wonderful Indonesia, lanjut Sandiaga, merupakan brand yang memiliki value tersendiri yang kuat dan harus disinergikan dengan brand-brand yang menjadi mitra dalam forum ini.
“Kalau kita punya tujuan yang sama untuk meningkatkan brand value, kenapa tidak bekerja sama? Kita buat kesepakatan, berikan terobosan dan bekerja sama untuk menciptakan brand value yang saling menguatkan,” ujarnya.
Sandiaga berharap forum ini dapat mendorong lebih banyak lagi brand untuk bekerja sama dengan menandatangani perjanjian kerja sama dan mengaktifkan kemitraan antar mitra co-branding. Dengan demikian, kolaborasi ini dapat meningkatkan reputasi produk Indonesia di pasar domestik dan internasional serta semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi pariwisata global terkemuka.
“WICF juga memberikan ruang untuk menjajaki kerja sama antar mitra co-branding. Pertemuan ini menjadi salah satu sumber ide kreatif, inovasi, program kerja sama, dan kontak bisnis antar mitra,” katanya.
Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, menjelaskan bahwa kolaborasi co-branding ini saling menguntungkan baik bagi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif maupun mitra co-branding. “Platform kerja sama kami sangat luas, baik melalui media offline maupun online,” ujar Made.
Forum ini juga dihadiri oleh para ahli dari Kementerian Inovasi dan Kreativitas: Restog Krisna Kusuma, Menparekraf, Yohanes De Brito Titus Haridjati, Direktur Komunikasi Pemasaran, dan Iman Santosa, Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio.